Let’s Talk About Steak

Bagi penikmat hidangan daging, tentunya steak sudah tidak asing lagi. Menu potongan daging (biasanya daging sapi) ini paling sering ditemui di atas panggangan. Steak juga sangat bervariasi cara penyajiannya, mulai dari potongan daging hingga kematangan memasak dagingnya.

Steak Medium

Potongan steak sangat beragam dan berbeda-beda tergantung negara asal steak tersebut. Tetapi, standar potongan yang paling sering ditemui di Indonesia adalah potongan ala Amerika. Potongan yang paling sering ditemukan di sajian steak yang dapat ditemukan di restoran-restoran Indonesia adalah potongan-potongan loin. Tenderloin adalah bagian yang paling lembut, dan dapat dipotong untuk menjadi filet mignon, steak tenderloin, dan Beef Wellington. Sirloin, potongan yang biasanya paling lumrah ditemui di restoran-restoran steak, tidak selembut tenderloin, tetapi biasanya lebih memiliki rasa dibandingkan tenderloin.

Steak juga memiliki tingkat kematangan yang dibagi menjadi beberapa kategori tergantung temperatur dan lama masaknya. Biasanya, orang-orang memiliki preferensi tingkat kematangan yang berbeda, tergantung seberapa ‘juicy’ mereka menginginkan dagingnya. Berikut adalah kategori kematangan steak, dari yang paling kurang matang hingga paling matang.

Tingkat Kemasakan Steak

  • Raw: Dengan temperatur berkisar 46-49 derajat Celsius, ini adalah daging yang belum ditaruh di panggangan. Pada tahap ini, daging akan berasa lembut dan seperti spons, lemak di sekitar steak juga lebih keras.
  • Rare: Temperatur daging di tahap ini berkisar 52-55 derajat Celsius dan terbakar sedikit di permukaannya, berwarna coklat di bagian samping, dan merah terang di dalam. Daging biasanya masih alot seperti daging mentah, tetapi berwarna coklat di permukaannya.
  • Medium Rare: Temperatur daging berkisar 55-60 derajat Celsius. Daging hangat di bagian tengah dengan sedikit warna merah, tetapi bagian tengah steak biasanya berwarna pink. Bagian samping berwarna coklat dan atas bawah terbakar dan berwarna coklat gelap. Biasanya kematangan medium rare adalah tingkat kematangan yang direkomendasikan untuk steak yang baik.
  • Medium: Dengan temperatur 60-65 derajat, steak medium biasanya memiliki warna pink muda kecoklatan di tengah, dan bagian samping berwarna coklat dengan bagian atas dan bawah terbakar dengan warna coklat gelap. Tingkat kematangan ini adalah level tengah yang biasanya akan memuaskan kebanyakan orang ketika membuat steak untuk banyak orang.
  • Medium Well: Daging ini bertemperatur 65-69 derajat, dan memiliki warna pink sedikit di tengah. Permukaannya biasanya berwarna coklat gelap dengan sedikit terbakar di bagian atas dan bawah. Tingkat kematangan ini adalah pilihan mereka yang tidak mau warna pada steaknya.
  • Well Done: Temperatur steak ini berkisar 71-100 derajat dan tidak memiliki warna pink sama sekali, dan keseluruhannya berwarna coklat. Tingkat kematangan ini seringkali disebut sebagai steak untuk orang yang tidak suka steak, tetapi tingkat kematangan ini tetap menjadi pesanan yang populer.

Gratis Makan Steak di babacucu

Walaupun steak seringkali dicap sebagai makanan mahal yang hanya dapat dinikmati kalangan atas, ada banyak restoran steak di sekitar Jakarta yang harganya terjangkau. Ada restoran seperti Steak Hotel by Holycow! yang menawarkan berbagai jenis steak impor dengan harga terjangkau, Tokyo Skipjack yang menawarkan steak-steak ala Jepang dengan berbagai macam saus, dan Holycow! Steakhouse yang menawarkan hidangan steak yang tidak kalah nikmat dengan harga bersahabat.

Gratis Steak Holycow! di babacucu

Masih berpikir steak adalah makanan mahal? Babacucu.com, situs bagi-bagi barang gratis, sekarang lagi bagi-bagi voucher Steak Hotel by Holycow! senilai 100.000 rupiah. Mau tau cara dapatnya gimana? Langsung aja klik babacucu.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s