Sampah Nggak Selalu Bakal Jadi Sampah

bigstock_recycle_4603459

Setiap harinya, kita menghasilkan sampah sangat banyak. Masalah sampah telah menjadi masalah yang selalu ada di manapun kita berada, bahkan telah memakan korban jiwa seperti pada longsoran sampah di Leuwigajah beberapa tahun lalu. Dalam skala lebih kecil, sampah juga sangat mengganggu pemandangan dan kesehatan di lingkungan sekitarnya. Tentunya kita harus menangani masalah yang lama kelamaan makin parah ini. Salah satu solusinya adalah daur ulang sampah yang ada.

Prinsip daur ulang sangat sederhana, yaitu menjadikan barang bekas menjadi barang baru sehingga barang bekas itu tidak terbuang sia-sia. Daur ulang juga tidak harus dilakukan dalam jumlah besar atau di tempat pembuangan sampah, kita bisa melakukan daur ulang kecil-kecilan di rumah sendiri.

Jika kita cukup kreatif, barang-barang daur ulang juga bisa menjadi hiasan yang lucu untuk rumah kita. Misalnya, botol plastik bisa diubah menjadi hiasan bunga, dompet koin, dan pot bunga. Koran-koran bekas yang numpuk di rumah juga bisa didaur ulang untuk jadi kertas buat notebook, bingkai foto lucu, tatakan gelas, atau dipakai untuk membungkus kado.

Barang-barang yang sifatnya lebih permanen seperti T-shirt juga bisa dilakukan daur ulang. Kaos bekas bisa disulap menjadi tas, syal, atau gelang. Untuk mereka yang kurang suka aksesoris, kaos bekas juga bisa digunakan menjadi lap.

Daur ulang nggak melulu membosankan, daur ulang juga bisa menyenangkan. Apapun cara kita daur ulang, kita sudah membantu pelestarian lingkungan hidup.

Untuk barang-barang yang nggak bisa direcycle, selalu ada babacucu.com di mana barang-barang bekas kalian bisa mendapat pemilik baru.

babacucu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s