Sensasi Helper’s High Dengan Berbagi

give
Berbagi merupakan kebaikan populer akan tetapi tidak semua orang dapat melakukannya dengan mudah. Butuh dorongan ikhlas dan ke relaan yang cukup banyak untuk berbagi apalagi kepada orang yang kita tidak kenal.
Temuan menarik bahwa memberikan sesuatu kepada orang lain memberikan rasa senang yang lebih besar dibandingkan dengan membeli sesuatu untuk diri sendiri, berdasarkan riset tahun 2008 oleh Michael Norton dari Harvard Business School.
Studi lain yang dilakukan pada tahun 2006 oleh National Institutes of Health menemukan ketika orang-orang menyumbang ke badan amal, bagian otak yang diasosiasikan dengan kesenangan, koneksi sosial, dan rasa percaya diaktifkan sehingga memberikan sensasi rasa kesenangan tersendiri dari melakukan gestur memberi tersebut.
Ilmuwan juga percaya perilaku dermawan melepaskan hormon endorphin ke dalam otak, yang memberikan perasaan positif yang timbul karena melakukan kegiatan berbagi ini seringkali disebut sebagai ‘helper’s high’.
Penelitian-penelitian juga merekomendasikan prilaku berbagi karena efeknya yang sangat dapat mengurangi stres, seperti yang ditemui ahli dari Johns Hopkins University. Hidup akan lebih sehat tanpa stress dan umurpun akan lebih panjang.
Mau coba resep mengurangi stress? Yuk berbagi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s