Bahaya Bakar Sampah

garbagetrucktrashfire

Nggak jarang kita melihat sampah dibakar di jalan. Dengan asap ngebul dan bau yang menyengat itu, jelas banget kalau ngebakar sampah itu nggak sehat dan bukan cara terbaik untuk menghilangkan sampah. Tetap aja sekitar 40% sampah dunia dihilangkan dengan dibakar. Tapi separah apa sih efek ngebakar sampah itu?
Ngebakar sampah sebenarnya hanya menghilangkan sampah dari darat dan memindahkannya ke udara. Polusi udara mulai dari karbon dioksida, partikel-partikel, dan zat kimia beracun yang dihasilkan pembakaran sampah nggak sebatas mempengaruhi kesehatan manusia, tapi juga merusak lingkungan.
Sekitar 40-50% dari sampah terdiri dari massa karbon, yang berarti karbon dioksida adalah gas terbanyak yang dihasilkan pembakaran sampah. Emisi karbon dioksida walaupun hanya terdaftar 5% di daftar emisi karbon dioksida global, emisi gas ini dari pembakaran sampah dapat menjadi sumber karbon dioksida signifikan di beberapa negara dan daerah.
Selain itu, ada juga zat-zat seperti merkuri dan partikel-partikel lain yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan kanker yang dihubungkan dengan pembakaran sampah.
Bukan hanya bahaya untuk diri kita, membakar sampah juga bahaya untuk lingkungan. Jadi sebisa mungkin, carilah cara lain untuk membuang sampah.

Kalau punya barang yang mau dibuang tapi taunya masih layak pakai? Babacucuin aja! Klik banner di bawah ini untuk detil lebih lanjut.

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s