Berbagi di Hari Fitri

lebaran

Lebaran sebentar lagi! Idul Fitri setiap tahunnya dirayakan untuk memperingati kemenangan umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan, dan merayakan kembalinya kita ke fitrah. Lebaran identik dengan ketupat, opor, kumpul-kumpul keluarga, dan mudik, tapi apa lagi hal yang paling identik dengan lebaran?

Iya, hal itu adalah berbagi. Momentum lebaran adalah momentum berbagi dalam berbagai bentuk. Dalam bentuk formal, ada kewajiban untuk berzakat fitrah bagi yang mampu, menyumbangkan bahan makanan ke yang membutuhkan. Ada juga sedekah-sedekah dalam bentuk uang yang akan disalurkan ke kaum dhuafa.

Dalam bentuk informal, hampir seluruh ‘ritual’ yang menjadi tradisi lebaran melibatkan berbagi. Dengan open house dan membuat hidangan untuk makan-makan baik keluarga maupun tetangga, kita berbagi. Tradisi ‘THR’ alias bagi-bagi uang lebaran untuk anak-anak saat kumpul keluarga juga salah satu berbagi yang paling ditunggu oleh anak-anak. Bahkan ucapan ‘Minal aidin walfaizin’ juga sebenarnya punya arti, dan artinya bukan ‘mohon maaf lahir dan batin’. Arti sebenarnya adalah ‘semoga kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan’. Ini adalah doa dari kita untuk orang yang diberikan ucapan itu agar kembali fitri dan meraih kemenangan. Bahkan di ucapannya kita berbagi doa dengan orang lain.

Dalam semangat lebaran tahun ini, yuk kita teruskan kebiasaan berbagi ini ke hari-hari setelah lebaran dan berbagi sepanjang tahun!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s