Sulap Sampah jadi Berguna

140624165225-chinese-boy-ocean-trash-horizontal-large-gallery

Biasanya, sampah ditangani dengan cara ditumpuk di tempat pembuangan atau dibakar. Beberapa negara juga punya cara menangani sampah dengan mengubahnya menjadi energi. Tapi, ada beberapa negara yang punya metode penanganan sampah yang lebih unik lagi! Yuk simak!

25224

Di Uganda, Eco Art Uganda, sebuah kelompok seniman yang sadar lingkungan membangun taman bermain anak-anak dari sampah. Mulai dari ayunan sampai board game raksasa semua dibuat dari barang-barang bekas. Selain bisa menjadi tempat bermain anak-anak, taman ini juga bisa mengajari anak-anak pentingnya mendaur ulang.

25225

Sampah plastik biasanya diinjak-injak, tapi profesor dari India ini bisa membuat sampah plastik jadi bahan untuk mengaspal jalanan. Dengan mengubah sampah plastik jadi bitumen, salah satu bahan utama aspal jalan, masalah sampah plastik India bisa terbantu sambil jalan-jalan baru terus dibuat.

25226

Dulu, tempat pembuangan sampah Sai Tso Wan di Hong Kong menampung 1.6 juta ton sampah yang menumpuk sampai 65 meter. Setelah ditutup di tahun 1981, tempat pembuangan ini  dirombak menjadi taman di tahun 2004 dan menghasilkan listrik dari metana yang dihasilkan sampah yang membusuk.

Selain mengatasi sampah, solusi-solusi di atas ampuh banget buat memberikan manfaat lainnya. Keren kan? Yuk, lebih kreatif menangani sampah!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s