Mengurangi Sampah di Seluruh Dunia

using-innovation-to-reduce-waste

Udah bukan rahasia lagi kalau sampah adalah salah satu masalah terbesar dalam kehidupan di kota besar. Nah, gimana cara mengatasinya? Beberapa kota besar di dunia punya cara inovatif buat mengubah masalah sampah jadi hal yang positif! Yuk simak!

e-waste

Buenos Aires, ibukota Argentina menghasilkan 14.5 ton sampah elektroniknya. Untuk mengatasi masalah ini, Recycling Work and Dignity, sebuah organisasi lokal, mengatasi sampah yang tidak diekspor dengan cara mencari sampah elektronik yang masih bisa diperbaiki dan digunakan lagi, sementara sisa sampahnya dijual.

capturing-methane-from-its-landfill

Kota Fortaleza di Brazil menemukan kalau seperempat emisi di kotanya berasal dari sampah. Untuk mengatasi ini, pemerintah kota berinvestasi untuk mengembangkan metode menangkap gas metana dari pembuangan sampahnya, yang kemudian diolah jadi gas alami.

tons-of-garbage

Singapura juga melakukan hal yang mirip dengan Fortaleza, tapi lebih secara langsung. Setiap harinya, 8200 ton sampah dibakar untuk menghasilkan listrik yang bisa memenuhi kebutuhan energi 900 rumah. Pembakaran ini bisa mengurangi sampah sebanyak 90%. Logam-logam yang bisa digunakan lagi dan diambil dari sisa pembakaran juga dapat dijual lagi nantinya.

Itu hanya contoh beberapa cara kota-kota besar untuk mengelola masalah sampah mereka. Kira-kira, kota besar di Indonesia harus ngapain nih untuk mengatasi masalah sampahnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s