Mengurangi Konsumsi Plastik untuk Zero Waste Lifestyle

z2afpvmh_400x400

Setelah Refuse, langkah berikutnya dalam membentuk gaya hidup tanpa sampah atau Zero Waste Lifestyle adalah REDUCE. Reduce di sini berarti mengurangi sampah yang kita hasilkan, terutama dengan mengurangi konsumsi barang-barang yang akan jadi sampah.

Nah, salah satu objek sehari-hari yang hampir selalu menjadi sampah setelah kita pakai adalah plastik. Entah itu cuma untuk ngebawa barang belanjaan, bungkusan makanan atau produk lain yang kita gunakan, atau hal-hal lain, sampah plastik jadi salah satu masalah sampah yang paling umum kita temui.

Gimana cara nguranginnya? Pasti nggak bisa sekejap aja penggunaan plastik kita dikurangi secara drastis, tapi kalian bisa loh mencoba tips-tips ngurangin sampah plastik berikut ini:

  • Ketika belanja, bawa tas sendiri. Satu kantong plastik bisa memakan waktu 1000 tahun untuk hancur dengan sendirinya, jadi menggunakan tas belanja sendiri sangat penting. Plus tas belanja sendiri jauh lebih tahan lama dibanding plastik.
  • Ketika membeli produk-produk baik makanan maupun kebersihan diri dan rumah, pilihlah produk yang dibungkus dalam kotak, bukan botol. Karton jauh lebih mudah didaur ulang dibanding plastik.
  • Biasakan memakai tumbler atau botol minum yang bisa dipakai berulang kali ketika memesan minuman takeaway.
  • Bawalah bekal makanan dalam kotak makan dan kantong kertas ketimbang kantong plastik.

Ini baru beberapa tips yang bisa kalian coba untuk mengurangi konsumsi plastik kalian. Apa kalian punya cara lain untuk ngurangin konsumsi plastik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s